Selamat Datang di Blog Kami. Blog ini meyediakan berbagai macam informasi seputar Madura dalam bentuk media online yang memuat: Madura Zone, Artikel, Pendidikan, Budaya, Pariwisata, Kuliner, Berita, Dan lain-lain. Selamat berkunjung di blog kami!!!

Potensi Desa Larangan-Luar Pamekasan Madura

---
---
Potensi Desa Larangan-Luar Pamekasan Madura, Desa Larangan-luar terletak di kabupaten Pamekasan, Kecamatan Larangan dimana desa Larangan-luar ini memiliki beberapa dusun yaitu yang terdiri dari Empat belas Dusun (14). Untuk lebih jelasnya silahkan baca selengkapnya.
 
      A.   Deskripsi Desa Larangan-Luar
Desa Larangan-luar terletak di kabupaten Pamekasan, Kecamatan Larangan dimana desa Larangan-luar ini memiliki beberapa dusun yaitu yang terdiri dari Empat belas Dusun (14)  : Kadus Bulu, Dualas, Parseh, Bicabbi 1, Bicabbi 2, Bicabbi 3, Manceng, Bertah, Murpenang, Koreban, Buddagan 1, Buddagan 2, Tangkel 1, Tangkel 2.

      B.   Potensi Sumber Daya Manusia di Desa Larangan-Luar
Sumber daya manusia di desa Larangan-luar, Kecamatan Larangan, Kabupaten Pamekasan mempunyai potensi dalam perannya sebagai mahluk sosial yang adaptif dan transformatif. Hal ini dapat dilihat dari kemampuan masyarakat mengelola dirinya sendiri serta seluruh potensi yang terkandung di alam untuk tercapainya kesejahteraan kehidupan dalam tatanan yang seimbang dan berkelanjutan. SDM merupakan bagian dari sistem yang membentuk suatu organisasi masyarakat. Jumlah total keseluruhan masyarakat desaLarangan-luaryaitu 2038 orang pada tahun 2017 dengan perbandingan 983 laki-laki dan 1055 perempuan. SDM di desa Larangan-luar rata-rata berusia produktif, dengan rata-rata pendidikan tamat sekolah dasar (SD), dan mayoritas mata pencaharian utama di desa Larangan-luar berprofesi sebagai petani.
Seiring dengan perkembangan zaman, Sumber daya manusia (SDM) di desa Larangan-luar dipandang bukan hanya sebagai sumber daya semata, melainkan merupakan modal atau aset bagi institusi dan organisasi yang ada di masyarakat. Di desa Larangan-luar sendiri ada beberapa orang yang telah mengembangkan potensi masyarakatnya untuk meningkatkan ekonomi lokal. Contohnya, di Dusun Tangkel 2 terdapat usaha pembuatan Kripik Pisang, jenis makanan yang bahan utamanya terbuat dari Pisang. Usaha tersebut telah memberdayakan masyarakat lokal sebagai pekerja dan bisa meningkatkan perekonomian masyarakat. Contoh lain, di dusun Buddagan 2 terdapat sebuah kelompok tani yang memiliki usaha pada budidaya komoditas jagung. Usaha tersebut juga telah berjalan baik dan mampu memberdayakan masyarakatnya sebagai buruh tani.


Dan ada juga yang berprofesi sebagai peternak ayam dan itu juga dapat meningkatkan ekonomi lokal, dan juga dapat membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat Larangan-luar yang masih belum memiliki pekerjaan atau pengangguran.
Dari ketiga contoh di atas dapat diketahui bahwa masyarakat Larangan-luar telah berperan efekif sebagai mahluk sosial dan ekonomi yang dapat mengelola diri sendiri juga orang lain. Pengelolaan ini tentunya memanfaatkan potensi sumber daya manusia dan potensi alam sekitar demi tercapainya kesejahteraan masyarakat Larangan-luar pada umumnya.

      C.   Potensi Sumber Daya Alam di Desa Larangan-Luar
Kondisi sumber daya alam mempengaruhi terhadap kehidupan dan penghidupan serta kelangsungan kehidupan masyarakat di satu wilayah. Sumber daya alam yang dimiliki desa Larangan-luar adalah berbentuk hamparan persawahan yang merupakan lahan pertanian yang sangat baik dan subur yang ditanami berbagai jenis tanaman diantaranya padi, jagung, pisang, ubi dan lain-lain.

      D.   Analisis
Didesa Larangan-luar di tinjau dari segi geografis sangat berbeda dengan desa-desa yang lainnya. Karena letak geografisnya yang berbeda maka secara otomatis keadaan,  kebiasaan, adat istiadat dan tradisi masyarakatnya berbeda pula.
---
Tag : madura-zone
0 Komentar untuk "Potensi Desa Larangan-Luar Pamekasan Madura"

Back To Top