Selamat Datang di Blog Kami. Blog ini meyediakan berbagai macam informasi seputar Madura dalam bentuk media online yang memuat: Madura Zone, Artikel, Pendidikan, Budaya, Pariwisata, Kuliner, Berita, Dan lain-lain. Selamat berkunjung di blog kami!!!

Pidato Tentang Keagamaan Islam dengan tema "Perbedaan adalah Rahmat"

---
---
Apa kabar sahabat pembaca! pada postingan kali ini saya akan share contoh pidato dengan tema "Perbedaan adalah Rahmat. semoga contoh pidato ini bermanfaat bagi sahabat pembaca dan yang membutuhkan dalam bentuk tugas ataupun kepentingan apapun sebagai suatu referensi untuk contoh pidato. selamat membaca.

بسم الله الرّحمن الرّ حيم
Assalamualaikum Warohmatullahi Wabarokatuh

اَلْحَمْدُ اَلْحَمْدَلِلهِ الَّذِيْ نَسْتَعِيْنُهُ وَ نَسْتَغْفِرُهُ وَنَعُوْذُبِاللهِ مِنْ شُرُوْرِأَنْفُسِنَاوَمِنْ سَيِّئَاتِ أَعْمَالِنَامَنْ يَهْدِاللهُ فَلَامُضِلَّ لَهُ, وَمَنْ يُضْلِلْ فَلَا هَادِيَ لَهُ. أَشْهَدُ أَنْ لَاإِلهَ إِلَّااللهُ وَحْدَهُ لَاشَرِيْكَ لَهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ. عَمَّ بَعْدُهٌ
            Dengan nama Allah yang maha pengasih lagi maha penyayang. Segala puji bagi Allah tuhan semesta alam, penguasa hari akhirat, pencipta segala sesuatu dijagat raya ini.
            Shalawat dan salam semoga tetap tercurahkan atas junjugan kita nabi Muhammad Saw, ahlul bait, dan para sahabat beliau, serta pengikut-pengikut beliau yang berjuang dalam agama Allah yaitu islam sehingga dapat memindahkan kita dari alam jahiliyah menuju alam yang terang benerang seperti yang kita rasakan pada saat ini, tentunya ada addinul islam wal iman.
            Sungguh, ini merupakan kebahagiaan yang besar dan mendalam bagi saya dalam kesempatan yang berharga ini untuk menyampaikan sebuah pidato yang berjudul :
“ PERBEDAAN ADALAH RAHMAT ”
            Sebelum saya menjelaskan judul yang sangat penting ini, sya ucapkan terima kasih kepada bapak protokol yang telah memberikan kesempatan yang baik pada saya untuk berbicara diatas podium ini dihadapan saudara-saudara sekalian !
            Allah Swt berfirman dalam kitab suci Al-Qur’an :

يَا أَيُّهَا النَّاسُ إِنَّا خَلَقْنَاكُمْ مِنْ ذَكَرٍ وَأُنْثَى وَجَعَلْنَاكُمْ شُعُوبًا وَقَبَائِلَ لِتَعَارَفُوا إِنَّ أَكْرَمَكُمْ عِنْدَ اللَّهِ أَتْقَاكُمْ إِنَّ اللَّهَ عَلِيمٌ خَبِيرٌ (١٣)
“ Wahai manusia ! sesungguhnya kami ciptakan kamu sekalian laki-laki dan perempuan, dan kami jadikan kalian berbangsa-bangsa dan bersuku-suku agar kalian saling mengenal satu sama lain. Sesungguhnya yang paling mulia diantara kalian, dalam pandangan Allah, adalah yang paling bertakwa diantara kalian. Sesungguhnya Allah maha mengetahui, maha bijaksana.”(49:13)
            Allah menciptakan bermacam-macam kelompok masyarakat dan mereka diharapkan agar saling mengenal satu sama lain. Dengan berbeda dari yang lain, kita dapat menikmati keindahan dan keajaiban ciptaan Allah di dunia ini. Artinya, bahwa kita dapat mempertimbangkan dan merenungkan indahnya kehidupan.
            Coba kita bayangkan....
Jika seandainya semua orang hitam...
Seandainya semua orang panjang...
Seandainya semua orang, berbicara dengan satu bahasa...
Jika dua puluh empat jam sehari, semuanya siang atau seluruhnya malam....
            Maka betapa tidak menariknya kehidupan di tempat orang hidup ! kehidupan ini menjadi tidak berharga, tidak berguna dan tidak ada harapan. Allah Swt mendorong setiap muslim untuk menimbag-nimbang berfikir, merenung, dan untuk menikmati indahnya ciptaan Allah.
            Allah Swt berfirman dalam Al Qur’an.
إنَّ فِي خَلْقِ السَّمَاوَاتِ وَالأرْضِ وَاخْتِلافِ اللَّيْلِ وَالنَّهَارِ لآيَاتٍ لأولِي الألْبَابِ(١٩٠)الَّذِينَ يَذْكُرُونَ اللَّهَ قِيَامًا وَقُعُودًا وَعَلَى جُنُوبِهِمْ وَيَتَفَكَّرُونَ فِي خَلْقِ السَّمَاوَاتِ وَالأرْضِ رَبَّنَا مَا خَلَقْتَ هَذَا بَاطِلا سُبْحَانَكَ فَقِنَا عَذَابَ النَّارِ (١٩١)
 Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi, dan silih bergantinya malam dan siang terdapat tanda-tanda bagi orang-orang yang berakal, (yaitu) orang-orang yang mengingat Allah sambil berdiri atau duduk atau dalam keadan berbaring dan mereka memikirkan tentang penciptaan langit dan bumi (seraya berkata): "Ya Tuhan Kami, Tiadalah Engkau menciptakan ini dengan sia-sia, Maha suci Engkau, Maka peliharalah Kami dari siksa neraka.
            Orang-orang islam percaya akan adanya perbedaan pendapat, pada waktu yang sama mereka tidak akan mengakui akan perselisihan yang mengarah pada perecahan dan bencana, secara historis, ummat islam mempunyai empat madzhab, dan dapat dikatakan bahwa perbedaan-perbedaan di antara imam madzhab tersebut adalah rahmat bagi ummat islam. Artinya,  bahwa ummat islam akan terus hidup, lebih dinamis, dan menjadi ummat yang hidup dalam ajaran-ajaran islam.
            Saudara-saudaraku yang dirahmati oleh Allah Swt !
       وَاعْتَصِمُوا بِحَبْلِ اللَّهِ جَمِيعًا وَلا تَفَرَّقُوا وَاذْكُرُوا نِعْمَةَ اللَّهِ عَلَيْكُمْ إِذْ كُنْتُمْ أَعْدَاءً فَأَلَّفَ بَيْنَ قُلُوبِكُمْ فَأَصْبَحْتُمْ بِنِعْمَتِهِ إِخْوَانًا وَكُنْتُمْ عَلَى شَفَا حُفْرَةٍ مِنَ النَّارِ فَأَنْقَذَكُمْ مِنْهَا كَذَلِكَ يُبَيِّنُ اللَّهُ لَكُمْ آيَاتِهِ لَعَلَّكُمْ تَهْتَدُونَ (١٠٣)
dan berpeganglah kamu semuanya kepada tali (agama) Allah, dan janganlah kamu bercerai berai, dan ingatlah akan nikmat Allah kepadamu ketika kamu dahulu (masa Jahiliyah) bermusuh-musuhan, Maka Allah mempersatukan hatimu, lalu menjadilah kamu karena nikmat Allah, orang-orang yang bersaudara; dan kamu telah berada di tepi jurang neraka, lalu Allah menyelamatkan kamu dari padanya. Demikianlah Allah menerangkan ayat-ayat-Nya kepadamu, agar kamu mendapat petunjuk.
            Inilah harapan saya bahwa ummat islam hendaknya berjuang untuk menciptakan persatuan di tengah mereka sendiri. Jika mereka bersatu, maka Allah Swt akan mengirim rahmat-Nya kepada mereka. Dia juga akan menunjuki mereka kejalan yang lurus.
            Subhaanaka Allahumma wabihamdika, asyhadu allaa ilaaha illaa anta, astaghfirukawa atuubu ilaihi.Wabillahi taufik wal hidayah wassalaamualaikum warohmatullahi wabarokaatuhu



---
Tag : artikel
1 Komentar untuk "Pidato Tentang Keagamaan Islam dengan tema "Perbedaan adalah Rahmat""

Terimakasih, sangat membantu untuk membuat materi contoh pidato bahasa arab singkat. Sangat bermanfaat.

Back To Top